Iklan

Bimtek Sekretaris Operator Siskeudes, Keuangan dan Aset Desa Kabupaten Luwu Utara

Herman Lutra
Minggu, 08 September 2024, September 08, 2024 WIB Last Updated 2024-09-08T10:37:47Z
masukkan script iklan disini

Bidik-News.Com Sulsel Makassar
(Siskeudes) merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban. Siskeudes dibuat oleh BPKP untuk membantu pemerintah desa mengelola keuangan desa.


Sebanyak 166 sekertaris operator dan kaur keuangan Desa pelatihan pengelolaan keuangan Desa melalui aplikasi SISKEUDES yang diikuti oleh 166 operator sekretaris dan kaur keuangan Desa Se-kabupaten Luwu Utara.

Pelatihan tersebut di buka langsung Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani melalui Zoom, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 Hari mulai Tanggal 5-7 September 2024 di Hotel Aerotel Smile jalan Muktar Lutfi Makassar Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Pelatihan Teknis Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan Desa yang diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indrani, menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan penyelenggaraan desa, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi SISKEUDES dan administrasi surat-menyurat tentang laporan keuangan desa.

Bupati juga menekankan pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan keuangan Desa,"ungkapnya.

Narasumber, I Made Adi Gaban Pangestu, dari Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri, menjelaskan bahwa aplikasi SISKEUDES 2.0.6 mengakomodasi proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan.

Penggunaan aplikasi ini merupakan keharusan karena pengelolaan pelaporan keuangan desa saat ini sudah beralih ke digitalisasi (online).

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintahan desa tentang pengelolaan keuangan desa, serta meningkatkan keterampilan praktis dalam penyusunan APBDes, akutansi, dan pelaporan keuangan desa.
Pelatihan ini memberikan manfaat yang besar bagi perangkat desa, seperti:
"Meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan desa secara efisien dan transparan.

- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan aplikasi SISKEUDES 2.0.6.
- Memastikan bahwa pengelolaan keuangan desa dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa.
Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Luwu Utara.

Dengan menguasai aplikasi SISKEUDES dan memahami prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa, perangkat desa dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih baik dan memastikan penggunaan dana desa yang tepat sasaran,pungkasnya.(Red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini