Iklan

Berkunjung Kewilayah Terpencil, Bupati Indah Meninjau Fasilitas PKM Seko

Herman Lutra
Jumat, 28 Juni 2024, Juni 28, 2024 WIB Last Updated 2024-06-28T10:37:37Z
masukkan script iklan disini

Bidik-News.Com Seko Luwu Utara
Puskesmas Seko terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan meski berada di daerah terpencil.


Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan, saat ini Puskesmas Seko memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tersebut.

“Yang lalu kita siasati dengan menggunakan genset tapi biayanya sangat tinggi dan kapasitasnya tidak cukup untuk memastikan semua peralatan elektronik yang ada di puskemas berfungsi karena rata-rata dayanya tinggi,” ucap Indah.

“Oleh karena itu Pemda melaui Dinas Kesehatan mengadakan panel surya, atau listrik yang mengandalkan tenaga matahari, dan ini bagian dari upaya kita dalam mendorong energi yang ramah lingkungan,” sambung bupati perempuan pertama di Sulsel ini saat kunjungan kerja di Kecamatan Seko, Rabu hingga Kamis (26-27) Juni 2024.

Indah mengatakan, Ia menerima laporan bahwa sejak PLTS difungsikan, PKM Seko terang terus. Peralatan kesehatan (alkes) yang membutuhkan listrik semua berfungsi baik. sebab jika listrik tidak stabil maka alkes bisa cepat rusak dan waktu pakainya jadi lebih singkat.

“Pelayanan juga sangat terbantu karena biasanya kalau puncak beban turbin seperti lampu diseko, Namun sejak pakai PLTS, alhamdulillah stabil dan tenaga kesehatan kita juga lebih tenang dan nyaman, terlebih lagi masyarakat penerima layanan,” terangnya.

“Jadi kita terus berupaya cari teknologi yang mudah dan terjangkau terutama di daerah yang belum dijangkau PLN dan diketahui Seko masih belum stabil hanya memanfaatkan turbin dan PLTMH yang kapasitasnya terbatas,” jelas Indah yang pada kesempatan itu juga menjenguk pasien di ruang perawatan.

Indah berharap, Pemda bisa terus melakukan perbaikan pelayanan khususnya layanan kesehatan.

“Di Puskesmas ini juga kita sudah bangun fasilitas rumah nakes, yang perlu ditambah ruang perawatannya karena kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan semakin baik, jauh dari kota, jadi kapasitasnya masih butuh ditambah,” pungkas Indah didampingi Kepala Puskesmas Seko, Yan Sudirman.(Red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini